Selamat datang di BiologiOnline.Info

Proses glukoneogenesis

Rabu, 27 Februari 2013 0 komentar


Proses glukoneogenesis - Asam laktat yang terjadi pada proses glikolisis dapat dibawa oleh darah ke hati. Di sini asam laktat diubah menjadi glukosa kembali melalui serangkaian reaksi dalam suatu proses yang disebut glukoneogenesis (pembentukan gula baru). Pada dasarnya glukoneogenesis ini adalah sintesis glukosa dari senyawa-senyawa bukan karbohidrat, misalnya asam laktat dan beberapa asam amino. Proses glukoneogenesis berlangsung terutama dalam hati. Walaupun proses ini adalah sintesis glukosa, namun bukan kebalikan dari proses glikolisis, karena ada tiga tahap reaksi dalam glikolisis yang tidak reversible, artinya diperlukan enzim lain untuk proses kebalikannya.

Proses Glukoneogenesis

Dengan adanya tiga tahap reaksi yang tidak reversible tersebut, maka proses glukoneogenesis berlangsung melalui tahap reaksi lain, yaitu:
1. Fosfoenolpiruvat dibentuk dari asam piruvat melalui pembentukan asam oksalo asetat
(a)      
Asam piruvat +  + ATP +          asam oksalo asetat + ADP + fosfat + 2

(b)      
Oksalo asetat + guanosin trifosfat      fosfoenol piruvat + guanosin difosfat + 


Reaksi (a) menggunakan katalis piruvatkarboksilase dan reaksi (b) menggunakan fosfoenolpiruvat karboksilase.

   Fruktosa-6-fosfat dibentuk dari fruktosa-1,6-difosfat dengan cara hidrolisis oleh enzim fruktosa-1,6-difosfatase

       Fruktosa-1,6-difosfat +                 fosfoenolpiruvat + ADP + GDP + fosfat

+ 2

2.      Glukosa dibentuk dengan cara hidrolisis glukosa-6-fosfat  dengan katalis glukosa-6-fosfatase

 Glukosa-6-fosfat  +                   glukosa  +  fosfat


Secara garis besar proses pembentukan glukosa dapat dilihat pada gambar 2. Dari skema tersebut tampak adanya hubungan antara glukoneogenesis dengan siklus asam sitrat, yaitu suatu reaksi kimia yang mengubah asam piruvat menjadi 〖CO〗_2 +  H_2 O dan menghasilkan energi dalam bentuk ATP, dengan proses oksidasi aerob. Apabila aerob otot berkontraksi karena digunakan untuk bekerja, maka asam piruvat dan asam laktat dihasilkan oleh proses glikolisis. Asam piruvat digunakan dalam siklus asam sitrat. Pada waktu otot digunakan, jumlah asam piruvat yang dihasilkan melebihi jumlah asam piruvat yang digunakan dalam siklus asam sitrat. Dalam keadaan demikian sejumlah asam piruvat diubah menjadi asam laktat dengan proses reduksi. Reaksi ini akan menghasilkan 〖NAD〗^+ dari NADH.

Dalam proses glikolisis, asam laktat adalah hasil yang terakhir. Untuk metabolisme lebih lanjut, asam laktat harus diubah kembali menjadi asam piruvat terlebih dahulu. Demikian pula untuk proses glukoneogenesis.




Share this article :
 
Support : Biologi Umum | Download FILM | HMJ Pendidikan Biologi | UIN Alauddin | Budhiyanto.com
Copyright © 2011. Biologi Online - All Rights Reserved
Template Created by Biologi Online Modify by Budhiyanto.com
Proudly powered by Blogger