Pengertian Gen



Pengertian Gen - Gen berasal dari Bahasa Belanda, gen adalah pewarisan sifat bagi organisme hidup, bentuk fisiknya adalah urutan DNA yang menyandi suatu protein, polipeptida atau seuntai RNA yang memiliki fungsi bagi organisme yang memilikinya. Batasan gen adalah suatu lokasi tertentu pada genom yang berhubungan dengan pewarisan sifat dan dapat dihubungkan dengan fungsi sebagai regulator (pengendali), sasaran transkripsi, atau peran-peran fungsional lainnya.

Gen

Penggunaan gen dalam percakapan sehari-hari sering kali dimaksudkan untuk alel: Pilihan variasi yang tersedia oleh suatu gen. Gen diwariskan oleh satu individu kepada keturunannya melalui proses reproduksi.

Di dalam gen terdapat namanya gen dominan dan gen resesif. Gen dominan adalah gen yang kuat dan mampu menonjolkan fitur pada organisme, gen dominan itu maksudnya gen itu mengintrol penampakan individu. Jadi kalau gen dominan disilangkan dengan gen resesif, sifat yang muncul adalah sifat yang gen dominannya. Sedangkan gen resesif adalah gen yang lemah. Ia tidak boleh menonjolkan dirinya jika berjumpa dengan gen dominan, gen resesif hanya boleh menunjukkan dirinya jika bertemu dengan pasangan gen resesif yang lama.

Selain gen yang diatas juga terdapat gen letal yaitu gen yang dalam keadaan homozigotik, dapat menyebabkan kematian individu yang dimilikinya. Ada gen letal yang bersifat dominan dan ada pula yang bersifat resesif. Kematian ini dapat terjadi pada embrio atau beberapa saat kelahiran. Akan tetapi, adakalanya pula terdapat subletal.
thumbnail Title : Pengertian Gen
Posted by : Budi yanto
Published : 2013-03-31T11:01:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 11.01