Klasifikasi Pisang


Klasifikasi Pisang - Pisang yang biasa kita kenal sebagai jenis buah-buahan, tumbuhan berherba yang memang berasal dari asia tenggara. dengan nama latin Musa paradisiaca . Hampir semua buah pisang memiliki kulit berwarna kuning ketika matang, meskipun ada beberapa yang berwarna jingga, merah, hijau, ungu, atau bahkan hampir hitam. Buah pisang sebagai bahan pangan merupakan sumber energi (karbohidrat) dan mineral, terutama kalium.

Pohon Pisang
Ada beberapa spesies pisang yaitu:
ð  pisang yang dimakan buahnya tanpa dimasak yaitu M. paradisiaca var sapientum, M. nana atau disebut juga M. cavendishii, M. sinensis. Misalnya pisang ambon, susu, raja, Cavendish, barangan dan mas.
ð  Pisang yang dimaikan setelah buahnya dimasak yaitu M. paradisiaca forma tyypiaca atau disebut juga M. paradisiaca normalis.
ð  Pisang berbiji yaitu M. brachycarpa yang di Indonesia diamfaatkan daunnya. Missal pisang batu dan klutuk
ð  Pisang yang diambil seratnya kisalnya pisang manila ( abaca )

Manfaat buah Pisang yaitu Manfaat buah pisang hijau ternyata beragam, salah satunya adalah untuk membantu proses penyembuhan dari penyakit diare, terutama bagi anak-anak ataupun bayi. Telah dilakukan berbagai penelitian, termasuk salah satunya di Bangladesh, mengenai manfaat buah pisang hijau ini. Ketika seorang menderita penyakit diare, penyerapan air di usus berlangsung terlalu sebentar, sehingga kotoran yang dibuang tidak terlalu padat. Dalam hal ini, manfaat buah pisang hijau dapat dirasakan. Buah pisang hijau dapat membantu melancarkan kembali proses penyerapan air di usus, sehingga proses pencernaan tidak mengalami masalah.

Klasifikasi Pisang ( Musa Paradisiaca )

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Liliopsida (berkeping satu / monokotil)
Sub Kelas: Commelinidae
Ordo: Zingiberales
Famili: Musaceae (suku pisang-pisangan)
Genus: Musa
Spesies: Musa paradisiaca