Selamat datang di BiologiOnline.Info

Nutrisi Tumbuhan

Jumat, 31 Mei 2013 0 komentar

Nutrisi Tumbuhan - Nutrisi Tanaman - Pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan membutuhkan nutrisi. Nutrisi ini harus tersedia dalam jumlah cukup dan seimbang, antara satu dengan yang lain. Nutrisi diambil tumbuhan dari dalam tanah dan udara. Unsur-unsur yang dibutuhkan oleh tumbuhan dikelompokkan menjadi dua, yaitu zat-zat organik (C, H, O, dan N) dan garam anorganik (Fe2+. Ca2+, dan lain-lain).

Air mengalir dari tumbuhan
Berdasarkan jumlah kebutuhan tumbuhan, unsur-unsur dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu unsur makro dan unsur mikro. Unsur yang dibutuhkan tumbuhan dalam jumlah besar disebut unsur makro. Contohnya: C, H, O, N, P, K, S, dan asam nukleat. Sedangkan, unsur mikro adalah unsur-unsur yang dibutuhkan dalam jumlah sedikit. Contohnya: Cl, Mn, Fe, Cu, Zn, B, dan Mo.

Pertumbuhan tanaman akan terganggu jika salah satu unsur yang dibutuhkan tidak terpenuhi. Misalnya, kurangnya unsur nitrogen dan fosfor pada tanaman menyebabkan tanaman menjadi kerdil. Kekurangan magnesium dan kalsium menyebabkan tanaman mengalami klorosis (daun berwarna pucat).

2. Faktor Lingkungan

Cara Kerja

1. Siapkan 4 buah botol yang berisi 200 ml larutan:
a. Destilata (air)
b. Larutan IAA dengan konsentrasi 0,1 mg/l
c. Larutan IAA dengan konsentrasi 0,5 mg/l
d. Larutan IAA dengan konsentrasi 1,0 mg/l
2. Potong kecambah kacang panjang tepat di atas permukaan media tanamnya.
3. Hilangkan kotiledon, dan potong hipokotil pada 5 cm dari
bekas tempat menempelnya kotiledon. Dengan cepat masukkan hipokotil tersebut ke dalam lubang pada tutup botol sehingga daun berada di luar botol. Letakkan semua botol pada meja lab. Seminggu kemudian, lakukan pengamatan terhadap inisiasi akar. Hitunglah jumlah akar dan panjang akar. Bandingkan hasil inisiasi akar antara kontrol, Larutan IAA 0,1 mg/l, Larutan IAA 0,5 mg/l, dan Larutan IAA 1,0 mg/l. 

Pemenuhan kebutuhan unsur tumbuhan diperoleh melalui penyerapan oleh akar dari tanah bersamaan dengan penyerapan air. Air dibutuhkan tanaman untuk fotosintesis, tekanan turgor sel, mempertahankan suhu tubuh tumbuhan, transportasi, dan medium reaksi enzimatis.

Penemuan zat-zat yang dibutuhkan oleh tumbuhan untuk pertumbuhan dan perkembangan menyebabkan manusia mengembangkan suatu cara penanaman tumbuhan dengan memberikan nutrisi yang tepat bagi tumbuhan. Contoh aplikasinya adalah kultur jaringan dan hidroponik. Kultur jaringan membudidayakan suatu jaringan tanaman menjadi tanaman kecil yang mempunyai sifat seperti induknya. Media tanam kultur jaringan berupa larutan atau padatan yang kaya nutrisi untuk tumbuh tanaman. Kultur jaringan ini dapat menghasilkan tanaman baru dalam jumlah banyak dalam waktu yang relatif singkat. Sedangkan, hidroponik adalah metode penanaman dengan menggunakan air kaya nutrisi sebagai media tanam.
Share this article :
 
Support : Biologi Umum | Download FILM | HMJ Pendidikan Biologi | UIN Alauddin | Budhiyanto.com
Copyright © 2011. Biologi Online - All Rights Reserved
Template Created by Biologi Online Modify by Budhiyanto.com
Proudly powered by Blogger