Selamat datang di BiologiOnline.Info

Perbedaan Otot Polos, Otot Lurik, dan Otot Jantung

Senin, 09 September 2013 0 komentar

Perbedaan Otot Polos, Otot Lurik, dan Otot Jantung - Di dalam tubuh kita terdapat 3 sel otot yang bekerja yakni Otot Polos, Otot Lurik, dan Otot Jantung. masing-masing akan dijelaskan fungsi dan perbedaannya :


  • Otot Polos
Otot Polos mempunyai serabut-serabut (fibril) yang homogen sehingga bila diamati di bawah mikroskop tampak polos atau tidak bergaris-garis. Otot polos berkontraksi secara refleks dan dibawah pengaruh saraf otonom. Bekerja secara lambat, terletak pada organ intim atau dalam misalnya paru-paru dan lain-lain. Bagian-bagian struktur dari jaringan hewan adalah endomesium yang berfungsi sebagai penghubung antar otot satu dengan yang lainnya. Sakrolema berfungsi sebagai pembatas antar sel dengan yang lain. Sakroplasma yaitu berupa cairan pembatas otot polos dengan jaringan lainnya. Mikrofibril berfungsi untuk mengkontraksi otot. Inti sel berfungsi untuk mengontrol segala aktifitas yang terjadi dalam maupun diluar otot. Inti selnya terletak di tengah.

Jenis otot pada manusia

  • Otot Lurik
Otot lurik yang biasa juga disebut Otot rangka karena sebagian besar jenis otot ini melekat pada kerangka. Kontraksinya menurut kehendak kita dan dibwah pengaruh saraf sadar. Di dalam otot  lurik tampak adanya garis gelap dan terang berselang-seling melintang di sepanjang serabut otot. Bekerja secara cepat bila menerima rangsangan.

  • Otot Jantung
Otot Jantung hanya terdapat pada lapisan tengah dinding jantung. Strukturnya menyerupai otot lurik, meskipun begitu, kontraksi otot jantung secara refleks serta reaksi terhadap rangsangan lambat. Otot jantung tidak dipengaruhi oleh kehendak. Bayangkan bila otot jantung dipengaruhi kehendak pasti semua sel akan seenaknya berkontraksi dan sel-sel tidak akan terstimulasi. 
Share this article :
 
Support : Biologi Umum | Download FILM | HMJ Pendidikan Biologi | UIN Alauddin | Budhiyanto.com
Copyright © 2011. Biologi Online - All Rights Reserved
Template Created by Biologi Online Modify by Budhiyanto.com
Proudly powered by Blogger