Sistem Otot Pada Aves


Sistem Otot Pada Aves - Pada tubuh vertebrata rendah otot daging yang bersegmen lebih dominan dari pada otot daging tidak bersegmen, tapi sebaliknya pada aves dan mamalia. Otot daging extremitas berkembang menjadi besar, berhubung aktivitas gerak yang cepat.

Skeleton Aves

Gerak sayap pada waktu terbang dilakukan oleh musculus pectoralis yang terdapat pada dada, berupa otot daging putih, dibedakan atas: musculus pectoralis mayor yang terletak di sebelah luar, dan musculus pectoralis minor yang terletak di sebelah dalam. Kedua ujung otot pada dada terikat di carina dan sterni, sedang ujung lain terikat pada kepala humerus dari sayap di sebelah ventro lateral. Kontraksi otot yang bergantian menyebabkan sayap bergerak ke atas ke bawah sehingga burung dapat terbang. Pada vertebrata darat lainnya extremitas anterior terangkat oleh otot daging yang terletak di permukaan dorsal, tapi pada aves gerak semacam itu dilakukan otot daging ventral, yaitu musculus pectoralis minor, otot ini berpangkal pada crista sterni sebelah dalam.

Otot daging dari femur (extremitas posterior) pada prinsipnya untuk lari dan menangkap. Otot pada kaki bawah pada telapak kaki dalah sedikit, sebagai penyesuaian menghindari banyaknya panas hilang pada bagian ini yang tidak berbulu.  Gerak dari jari kaki dilakukan oleh tendon otot daging yang bersambung dengan otot di sebelah atasnya. Gerakan dari tendon ini diperlancar dengan pelumasan cairan melalui suatu saluran kecil.
thumbnail Title : Sistem Otot Pada Aves
Posted by : Budi OryzaSativa
Published : 2013-11-09T21:50:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 21.50