Klasifikasi Sargassum sp.


Klasifikasi Sargassum sp. - Sargassum sp. adalah sejenis tumbuhan tingkat rendah jenis alga, habitatnya di laut tropis yang melekat di batu-batu pantai yang kering. ciri-cirinya bersifat bersifat fototorof, memiliki pigmen Fukosantin (coklat), Fotosintetis terjadi di helaian yang menyerupai daun.

Sargassum sp.

morfologi dari Sargassum sp. yaitu memiliki ukuran thallus yang mikroskopis dan makroskopis, berbentuk tegak dan adapula yang berbentuk benang, terdapat gelembung udara, memiliki warna kecoklatan seperti lembaran atau helaian daun. Anatomi Sargassum sp. yaitu terdapat gelembung udara yang membuatnya dapat mengapung di air, memiliki receptakel (bakal individu baru) pada ujung tallus, stipe seperti batang, dinding selnya terdiri atas selulosa, paktin, danasam, dan alganin. 

Pada umumnya Sargassum tumbuh di daerah terumbu karang (coral reef) seperti di Kepulauan Seribu, terutama di daerah rataan pasir (sand flat ). Daerah ini akan kering pada saat surut rendah, mempunyai dasar berpasir dan terdapat pula pada karang hidup atau mati. Pada batu-batu ini tumbuh dan melekat rumput laut coklat.

Manfaat Sargassum sp
Berikut adalah beberapa manfaat dari Sargassum sp yaitu :
  • Sebagai sumber penghasil alginat yang di gunakan sebagai bahan pembuat cangkang kapsul, emulsifier dan stabilizer. (Izzati, 2007)
  • Berguna untuk kosmetik, kandungan koloid alginatnya di gunakan sebagai bahan pembuat sabun, shampo dan cat rambut. (Izzati, 2007)
  • Sebagai bahan baku untuk industri antara lain industri makanan, minuman, farmasi maupun industri lainnya seperti cat tekstil, film, makanan ternak, keramik, kertas, dan fotografi.
  • Dalam perikanan budidaya, keberadaan Sargassum sp membantu meningkatkan produksi udang windu, sehingga rumput laut jenis Sargassum sp ini di gunakan sebagai model budidaya ganda dengan udang windu. Adanya rumput laut jenis Sargassum sp di sekitar tambak udang windu dapat mengurangi jumlah bakteri patogen sehingga mampu menurunkan kemungkinan berkembangnya penyakit yang menyerang udang windu (Izzati, 2007)
  • Sebagai obat gondok, anti bakteri, tumor dan kanker
Klasifikasi Sargassum sp
Regnum   : Protista
Divisi       : Phaeophyta
Class       : Phaeophyceae
Ordo       : Fucales
Famili      : Sargassaceae
Genus      : Sargassum
Spesies    : Sargassum sp.

thumbnail Title : Klasifikasi Sargassum sp.
Posted by : Budianto SPd
Published : 2014-03-22T08:10:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 08.10