Klasifikasi Merpati (Columba livia)


Klasifikasi Merpati (Columba livia) - Burung merpati merupakan salah satu spesies dari famili Columbidae yang berasal dari Eropa, Afrika, dan Asia Tenggara, dan banyak tersebar di seluruh belahan dunia (TN, 2008). Warna bulu merpati bermacam-macam, ada yang berwarna coklat, hitam, kelabu, atau kombinasi. Pada umumnya merpati memiliki ekor tebal dan tidak terlalu panjang.

Burung Merpati

Ada dua jenis merpati, yaitu merpati liar dan merpati domestik. Merpati liar biasa hidup di daerah pantai atau hutan, sedangkan merpati domestik hidup di area urban. Panjang individu dewasa antara 29-36 cm dengan berat 265-380 gram dan panjang sayap 50-67 cm (Robbins et al., 1966). Merpati hanya memiliki satu pasangan sepanjang hidupnya. Baik merpati jantan maupun betina aktif dalam proses reproduksi dan membesarkan keturunannya. Merpati termasuk burung pemakan biji-bijian dan bersifat monomorfik.

Sistem reproduksi pada Columbia livia terdiri atas ovarium, oviduk dan uterus karena merpati yang diamati merupakan merpati betina. Pada sistem reproduksinya, hewan jantan memiliki sepasang testis yang bulat, berwarna putih, melekat disebelah anterior dari ren dengan suatu alat penggantung. Testis sebelah kanan lebih kecil dari pada yang kiri. Dari masing-masing testis terjulur saluran vasa deferensia sejajar dengan ureter yang berasal dari ren. Pada sebagian besar aves memiliki vesicular seminalis yang merupakan gelembung kecil bersifat kelenjar sebagai tempat menampung sementara sperma sebelum dituangkan melalui papil yang terletak pada kloaka. Di dalam kloaka pada beberapa species memiliki pennis sebagai alat untuk menuangkan sperma ke kloaka hewan betina. Pada hewan betina terdapat sepasang ovari, hanya yang dextrum mengalami otrophis (mengecil dan tidak bekerja lagi). Dari ovari menjulur oviduct panjang berkelok-kelok, berlubang pada bagian cranial dengan suatu bentuk corong. Lubang oviduct itu disebut ostium opdominalis. Dinding oviduct selanjutnya tersusun atas muskulus dan epithelium yang bersifat glandulair, yang memberi sekresi yang kelak membungkus telur, yaqkni albumen sebagai putih telur, membran tipis disebelah luar albumen dan cangkok yang berbahan zat kapur yang dibuat oleh kelenjar di sebelah caudal. Uterus yang sebenarnya belum ada.

Klasifikasi Merpati (Columba livia)
Kingdom      Animalia
Phylum         Chordata (bertulang rangka primer)
Sub filum      Vertebrata (bertulang punggung)
Class            Aves (burung)
Sub class      Neornites (burung bersayap sempurna)
Divisi            Karninatae   (burung dengan tulang dada bertaju)
Ordo            Columba
Family          Columbidae
Genus           Columbia
Spesies         Columba livia
thumbnail Title : Klasifikasi Merpati (Columba livia)
Posted by : Budianto SPd
Published : 2014-08-04T16:53:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 16.53