Deskripsi Anabaena azollae


Deskripsi Anabaena azollaeAnabaena azollae merupakan salah satu tumbuhan tingkat rendah. memiliki kemampuan untuk memfiksasi nitrogen dan dapat kita tersebar luas di dalam air dan juga tanah yang lembab/basah. Spesies tertentu bersimbiosis dengan tanaman tingkat tinggi, salah satu contohnya adalah tumbuhan mikroskopis ini. 

Anabaena azollae

Interaksi antara simbiosis Anabaena-Azzola berbeda antara berbeda dengan interaksi antara bakteri pembentuk nodula dari tanaman leguminosa. Sangat sedikit yang diketahui cara bagaimana Anabaena dan Azolla mengenal satu sama lain. Anabaena masuk ke dalam jaringan pakis/paku-pakuan melalui ujung titik tumbuh. Fiksasi nitrogen berlangsung dalam sel khusus, yaitu heterocysts. Sel penetrasi Anabaena sangat kecil, heterocysts tidak berkembang sebelum Anabaena telah berkolonisasi dalam jaringan paku-pakuan dan diam dalam cistern intraseluler.

Fiksasi nitrogen keahlian dari prokariotik yang luar biasa dimana gas nitogen atmosfer merupakan (N2) dikombinasikan dengan kedalam bentuk ammonia (NH3). Proses vital ini mendekati proses nitrifikasi (pembentukan amonia dari pemecahan protein) menjadikan nitrogen tersedia untuk tanaman autotrofik dan untuk semua anggota ekosistem. Meskipun Azolla dapat menyerap nitrat dari air, azolla juga dapat menyerap ammonia yang dikeluarkan anabaena dalam lubang/rongga daun.

Berikut Deskripsi Anabaena azollae

  1. Habitat: Hidup di dalam tanah , air, sisa makhluk hidup, serta bersimbiosis pada tumbuhan Azolla pinnata.
  2. Ciri Khusus: - Memiliki heterokista yang berperan dalam mengikat nitrat. - Terdapat akinet yaitu di dalamnya terdapat endospora yang berfungsi untuk kembali membentuk spora ketika lingkungan kembali baik. - Hidupnya berkoloni membentuk filamen dan berlendir. - Bersimbiosis dengan spesies Azolla (paku air).
  3. Morfologinya: - Bentuknya Coccus, - membentuk filamen, - terdapat dinding sel, - berkoloni membentuk filamen.
  4. Anatomi: - Nukleoid, yaitu inti yang tidak terdapat membran dan terdiri atas materi genetik, - Ribosom, yaitu organel yang berperan dalam sintesis protein, - Sitoplasma, cairan sel yang terdapat organel sel dan tempat biosintesis.
  5. Reproduksi dengan membentuk spora yang ada pada sel akinet.
  6. Peranan adalah untuk memfiksasi nitrogen.


thumbnail Title : Deskripsi Anabaena azollae
Posted by : Budianto SPd
Published : 2014-10-05T13:30:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 13.30