Klasifikasi Bakung (Crinum asiaticum)


Klasifikasi Bakung (Crinum asiaticum) - Bakung adalah tumbuhan yang sering tumbuh liar tapi juga dapat dijadikan sebagai tanaman hias. Karena bunganya yang putih indah sering ditanam sebagai tanaman hias. Memerlukan tanah lembab dan teduh. Tanaman ini berumbi dengan daun yang kekar. Pada tanaman yang sudah tua, umbinya sering kali tersembul diatas tanah.

Klasifikasi Bakung

Ada beberapa warna dari bunga bakung, mulai dari kuning, merah dan putih, namun yang di indonesia lebih banyak di jumpai yang warna putih. Menurut kepercayaan cina, mesir dan arab bunga bakung dapat melindungi dari penyakit atau wabah yang menular jika di tanam di pekarangan rumah, cuma ga tau bener apa ga. Tapi yang pasti tanaman ini bisa memperindah tampilan pekarangan rumah, biar tampak menarik. Selain sebagai penghias, dalam beberapa penelitian mengungkapkan bahwa bunga bakung mempunyai manfaat sebagai analgesic, antibengkak dan ekspetoran bagi tubuh.


Khasiat Bakung
Akar Crinum asiaticum berhasiat sebagai peluruh keringat dan obat luka, daunnya sebagai obat bengkak. Untuk peluruh keringat, dipakai ± 10 gram akar segar Crinum asiaticum, dipotong kecil-kecil, direbus dengan 2 gelas air selama 20 menit, dinginkan dan disaring. Hasil saringan diminum sehari dua kali sama banyak pagi dan sore.

Lihat Juga ---- Klasifikasi Pakis Haji

Klasifikasi Bunga Bakung
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Liliopsida (berkeping satu / monokotil)
Sub Kelas: Liliidae
Ordo: Liliales
Famili: Amaryllidaceae (suku bakung-bakungan)
Genus: Crynum
Spesies: Crynum asiaticum L.
thumbnail Title : Klasifikasi Bakung (Crinum asiaticum)
Posted by : Budi OryzaSativa
Published : 2014-11-16T14:00:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 14.00