Klasifikasi Biawak


Klasifikasi Biawak - Biawak merupakan binatang yang sejenis kadal, namun ini kadal yang terbesar dan juga hampir menyerupai komodo yang ada di Nusa Tenggara Timur. Biawak tergolong reptil, Biawak umumnya menghuni tepi-tepi sungai atau saluran air, tepian danau, pantai, dan rawa-rawa termasuk rawa bakau. Di perkotaan, biawak kerap pula ditemukan hidup di gorong-gorong saluran air yang bermuara ke sungai.

Biawak

Auffenberg (1981a) diacu dalam Bennet (1998) mengatakan biawak terkecil yang ditemukan adalah Varanus brevicauda dengan ukuran panjang kurang lebih 23 cm dan berat 20 g. Ditemukan juga biawak air asia (Varanus salvator) terpanjang di Sri lanka dengan panjang 321 cm. sedangkan biawak teresar adalah sejenis Kodomo yang juga merupakan hewan langka yang dilingdungi.

Biawak melakukan aktivitas di hutan rawa, karena pada tipe habitat ini biawak lebih mudah menjumpai mangsa yang sedang melakukan aktivitas mencari makan dan minum di sekitar daerah perairan (Iyai dan Pattiselano 2005).

Biawak merupakan satwa predator, yaitu satwa pemangsa atau pemakan daging (karnivora). Menurut Bennet (1998) biawak memakan serangga, kerang, dan sisa-sisa ikan dari biawak dewasa, sedangkan biawak dewasa memakan ular, penyu, telur dan anak buaya, burung, katak, tikus, kera, rusa kecil, bangkai hewan dan bangkai manusia. Shine et al. (1998) menyatakan bahwa biawak memangsa jenis-jenis vertebrata seperti kucing, tikus, ayam dan jenis invertebrata seperti serangga dan kepiting.

Bagi penggemar Reptil sendiri, hewan ini dipelihara karena mereka menganggapnya hewan ini sangat lucu pada saat masih bayi, tapi kalau sudah dewasa sangat beresiko untuk memelihara hewan ini. Untuk temperaturnya, suhu menurut proexotics yaitu sekitar 32 - 35 derajat C untuk pertumbuhan dan perkembangan sedangkan untuk biawak dewasa masa produksi telur dan dalam masa breeding cycling mencapai 71derajat.


Klasifikasi Biawak
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Sauropsida
Ordo: Squamata
Upaordo: Scleroglossa
Infraordo: Anguimorpha
Superfamili: Varanoidea
Famili: Varanidae
Genus: Varanus sp.

thumbnail Title : Klasifikasi Biawak
Posted by : Budi OryzaSativa
Published : 2014-12-09T21:25:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 21.25