Macam-Macam Blastula


Macam-Macam Blastula - Melihat pada bentuk dan susunan blastomernya blastula dibagi atas 4 macam yaitu:
Blastosol


  1. Coeloblastula yaitu blastula berbentuk bulat, dihasilkan oleh telur-telur isolesital dan oligolesital. Misalnya pada Synapta sp, Asterias sp, Amphioxus, dan Amphibia. Rongga blastula terdapat di tengah atau eksentrik ke arah kutub anima.
  2. Diskoblastula yaitu blastula berbentuk cakram atau tudung. Blastodisk tampak berkembang menyerupai cakram di atas massa yolk. Dihhasilkan oleh telur telolesital. Misalnya blastula pada ayam, dan ikan zebra. Rongga blastula terbentuk pada bagian bawah cakram atau tudung diantara blastodisk dan yolk.
  3. Blastokista yaitu blastula yang mempunyai kista. Blastula ini memiliki massa sel-sel dalam (inner cell mass) pada bagian embrio dan dikelilingi oleh tropoblas. Dihasilkan oleh telur isolesital. Misalnya blastula pada mamalia.
  4. Streoblastula yaitu blastula massif tanpa rongga blastula. Dihasilkan oelh telur sentrolesital. Misalnya blastula pada jenis serangga.
Berdasarkan ada atau tidaknya blastosol, maka dapat dibedakan atas blastula berongga (suloblastula) yang terdapat pada blastula katak dan Amphioxus dan blastula tidak berongga (streoblastula) yang terdapat pada blastula ikan dan amphibia.

Selain pembagian di atas dikenal juga blastula:
  • Blastula bertropblas yang terdapat pada blastula reptil, aves, dan mamalia. Pada blastula bertropoblas dapat dibedakan dua macam sel yaitu Formative cell (sel utama), yaitu sel-sel yang nantinya akan membentuk sel tubuh embrio dan auxillary/tropoblas (Sel pelengkap), yaitu sel-sel yang berfungsi sebagai selaput pelindung dan merupakan jembatan penghubung antara induk dan embrio.
  • Blastula tidak bertropoblas yang terdapat pada blastula katak dan amphioxus.
thumbnail Title : Macam-Macam Blastula
Posted by : Budianto SPd
Published : 2015-01-04T23:01:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 23.01