Ciri Ciri Famili Rosaceae


Ciri Ciri Famili Rosaceae - Herba, semak, atau pohon. Daun tunggal atau majemuk, tersebar, sepasang stipula, kadang-kadang menempel pada petiolus. Bunga tunggal atau dalam racemosa, cymosa, bisexual, aktinomorf; sepal 5, berlekatan pada dasar, petal 5, bebas, stamen banyak, kadang-kadang 5 atau 10; pistillum 1 sampai beberapa carpel, ovul 2 atau lebih tiap carpel, ovarium superior atau inferior. Buah achene atau drupe. biji biasanya tanpa endosperm.


Rosaceae

Suku ini kira-kira terdiri dari 100 marga dan 3000 jenis, tersebar kosmopolit, , tapi umumnya tersebar di daerah temperate (utara), kepentingan ekonomi, disamping banyak jenis sebagai tanaman hias, beberapa jenis lainnya menghasilkan buah seperti buah peer, apel.

Suku besar ini dapat dibagi menjadi empat anaksuku, dua tribus, dan sekelompok marga yang tidak dapat dimasukkan ke kelompok-kelompok sebelumnya:
  • Anak suku Rosoideae: Biasanya berbuah kecil dan seringkali bagian yang berdaging adalah hypantium (tangkai pendukung daun buah). Lima sampai enam tribus dan 20-an genera. Contoh: stroberi, mawar, blackberry.
  • Anak suku Spiraeoideae: Biasanya berbuah tak berdaging dengan lima kapsula. Contoh: Spiraea, Sorbaria dan kerabatnya.
  • Anak suku Maloideae (atau Pomoideae): Mencakup kelompok dengan buah tipe apel (pomus), dengan lima kapsula terbungkus endokarpium. Contoh: apel, pir, quince, dan lokuat.
  • Anak suku Amygdaloideae (atau Prunoideae): Biasanya berbuah drupa. Terdiri dari empat genera: Maddenia, Oemleria, Prinsepia and Prunus. Contoh: prem, persik, amandel, ceri, dan aprikot. Tribus Dryadeae: Buah kotak (achenium) dengan putik berambut. Beranggotakan lima genera: Dryas, Cercocarpus, Chamaebatia, Cowania, dan Purshia. Banyak jenisnya yang bersimbiosis dengan bakteri bintil akar pengikat nitrogen Frankia. Tribus Neillieae: Neillia (termasuk Stephanandra) dan Physocarpus.
thumbnail Title : Ciri Ciri Famili Rosaceae
Posted by : Budi OryzaSativa
Published : 2015-02-01T07:59:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 07.59