Defenisi Metabolit Sekuner


Defenisi Metabolit Sekuner - Metabolit sekunder adalah molekul organik yang tidak terlibat secara langsung dalam pertumbuhan dan perkembangan normal suatu organisme. Sementara metabolit primer memiliki peranan penting dalam pertahanan hidup dari spesies, memainkan fungsi aktif dalam fotosintesis, dan respirasi. Ketiadaan kandungan metabolit sekunder tidak mengakibatkan kematian langsung, melainkan dalam penurunan jangka panjang bertahan hidup orgnisme, sehingga dianggap ikut berperan dalam mekanisme pertahanan tubuhnya.

Proses Mtabolit sekunder

Banyak referensi lain yang menjelaskan defenisi yang tepat dari metabolit sekunder. Bannet dan Bentley juga memberi defenisi sebagai berikut: "metabolit selunder adalah produk metabolit yang ditemukan sebeagai deferensiasi produk dalam kelompok taksonomi terbatas, tidak berperan penting dalam pertumbuhan dan kehidupan organisme, dan disentetis dari satu atau lebih metabolit primer dengan berbagai jalur metabolisme."

Metabolit sekunder ditandai oleh keragaman kimia yang sangat besar, dimana setiap organisme memiliki karakteristik tersendiri dalam setiap kandungan metabolit sekundernya. Selama bertahun-tahun, metabolit sekunder telah dianggap sebagai produk limbah selama pengetahuan tentang peran metabolit sekunder terbatas, tetapi sekarang secara umum diterima bahwa metabolisme sekunder terlibat dalam hubungan organisme dengan lingkunganya, misalnya dalam perlawanan terhadap hama dan penyakit, sebagai pengontrol penyerbuk, atau sebagai senyawa sinyal.

Metabolit sekuner memerlukan prekursor yang berasal dari metabolisme primer, enzim, kofaktor, energi, nitrogen. Gen yang terlibat dalam metabolisme produk sekunder ini menghasilkan model genetik khas yang memungkinkan terjadinya mutasi dan seleksi alam untuk memperbaiki sifat-sifat baru yang menguntungkan melalui evolusi.
thumbnail Title : Defenisi Metabolit Sekuner
Posted by : Budi OryzaSativa
Published : 2015-04-29T10:17:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 10.17