Klasifikasi Ginkgo biloba


Klasifikasi Ginkgo biloba - Ginkgo adalah nama tanaman hias besar yang tumbuh subur di daerah beriklim sedang mulai dari daratan Eropa sampai Amerika Serikat. Tanaman ini asli dari daratan Tiongkok dan konon sudah ada sejak zaman prasejarah, 300 ribu tahun silam. Di Jepang disebut icho dan buahnya disebut ginnan. Ginkgo biloba merukapan tanaman purba dan merupakan satu-satunya spesies yang masih hidup dalam kelas Ginkgoopsida. Pada masa kini tumbuhan ini diketahui hanya tumbuh liar di Asia Timur Laut, namun telah tersebar luas di berbagai tempat beriklim sedang lainnya sebagai pohon penghias taman atau pekarangan. Bentuk tumbuhan modern ini tidak banyak berubah dari fosil-fosilnya yang ditemukan.

Daun Ginkgo biloba

Taksonomi tumbuhan ginkgo biloba

Meski demikian tanaman ini juga bisa ditemui di Indonesia, yaitu di daerah yang memiliki suhu rendah seperti di Kebun Raya Eka Karya Bedugul. Bentuk daun dari tanaman Ginkgo biloba L. ini seperti kipas yang tumbuh dari ujung cabang atau batang tanaman ini. Tanaman ini tidak berbuah dan berbunga karena masih termasuk tanaman biji terbuka atau Gymnospermae.

Ciri khas tanaman ini adalah

  1. Mempunyai daun yang berbentuk seperti kapas dengan lebar 5 sampai 10 sentimeter dan tinggi batang mencapai 30 meter. Selain itu, daunnya juga ada yang berbentuk mirip daun paku kelompok suplir.
  2. Ketika musim penyerbukan tiba, tanaman ini mengeluarkan bau yang kurang sedap dan dijauhi oleh manusia. Habitus pohon tinggi lebih dari 1000 kaki, daun berubah warna dan menggugurkan daunnya pada musim rontok.
  3. Tumbuhan berumah dua (diesis)
  4. Gamet jantan motil, penyerbukan di air.
  5. Daun muda menggulung, melebar bentuk kipas, daun terbagi dua simetris karena lekukan yang dalam, mengalami perkembangan.
  6. Strobilus jantan berbentuk kerucut; strobilus betina dngan 2 ovuli yang berbeda kematangannya; ovulum mempunyai pembungkus berdaging yang dapat berubah warna.
  7. Lembaga mempunyai 2 cotyledon.

Biji ginkgo dapat dimakan dan diolah menjadi obat. Sejumlah produk makanan suplemen mengandung ekstrak biji ginkgo, karena dianggap berkhasiat mempertahankan daya ingat. Secara umum bermanfaat untuk kesehatan otak, memperkuat daya ingat dan melancarkan aliran darah perifer.

Ginkgo membantu penyembuhan penyakit sering lupa.  
Sering lupa terjadi karena kekurangan suply oksigen pada otak. Kekurangan oksigen disebabkan penyempitan pembuluh darah ke otak akibat endapan kapur dan kolesterol. Diduga ekstrak Ginkgo mampu mengencerkan darah, sehingga aliran yang semula lamban di daerah otak semakin lancar. sari ginkgo menghambat pembentukan PAF ( Platelet Activating Factor ). PAFsengaja dibentuk secara imunologis agar sejumlah platelet ( eritrosit/ sel darah merah ) agar darah lebih kental untuk menghambat pendarahan pada dinding pembuluh darah yang luka. Kekentalan ini menghambat peredaran apalagi jika pembuluh darah sudah banyak yang menyempit akibat pengapuran.
Kandungan: Ekstrak Ginkgo menyimpan 24 persen senyawa Ginkgo flavoglikosida alis ginkgolida. Zat inilah yang diunggulkan sebagai senyawa lami berkhasiat obat.


Klasifikasi Ginggo biloba 

Kingdom : Plantae
Divisi : Ginkgophyta
Kelas : Ginkgoopsida
Ordo : Ginkgoales
Famili : Ginkgoaceae
Genus : Ginkgo
Spesies : Ginkgo biloba L.
thumbnail Title : Klasifikasi Ginkgo biloba
Posted by : Budianto SPd
Published : 2015-06-08T15:06:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 15.06