Pengertian Autofagi dan Prosesnya


Pengertian Autofagi dan Prosesnya - Autofagi yaitu menghancurkan bagian-bagian sel yang sudah tidak berfungsi untuk kemudian dibuang (eksositosin) Proses autofagi digunakan untuk pembuangan dan degradasi bagian sel sendiri, seperti organel yang tidak berfungsi lagi. Mula-mula, bagian dari retikulum endoplasma kasar menyelubungi organel dan membentuk autofagosom. Setelah itu, autofagosom berfusi dengan enzim hidrolitik dari trans Golgi dan berkembang menjadi lisosom (atau endosom lanjut). Proses ini berguna pada sel hati, transformasi berudu menjadi katak, dan embrio manusia.

Proses Autofagi (source: id.wikipedia.org)

Proses autofagi digunakan untuk pembuangan dan degradasi bagian sel sendiri, seperti organel yang tidak berfungsi lagi. Mula-mula, bagian dari retikulum endoplasma kasar menyelubungi organel dan membentuk autofagosom. Setelah itu, autofagosom berfusi dengan enzim hidrolitik dari trans Golgi dan berkembang menjadi lisosom (atau endosom lanjut). Proses ini berguna pada sel hati, transformasi berudu menjadi katak, dan embrio manusia. 

Autofagi ada yang normal dan routin, ada pula yang abnormal dan sesewaktu saja. Yang normal dan routin, ialah dalam rangka untuk:


  1. Efisiensi
  2. perbaikan
  3. perombakan
  4. pengaturan
Organel yang tua dan rusak lazim diautofagi oleh lisosom. Untuk efisiensi atau penghematan bahan yang sudah dicerna ini kembali dimanfaatkan untuk sel itu sendiri. Dengan demikian terjadisuatu daurkehidupan organel dalam sel. Yang tua atau rusak dirombak lalu dirakit lagi untuk organel baru. Telah diselidiki, bahwa mitokondria selhati memiliki setengah umur 10 hari. Kalau sudah sampai waktunya mitokondria yang sudah tua akan dirombak oleh lisosom, zat hasil cernaan merembes ke sitoplasma. lalu retikulum endoplasma, ribosom, inti, dan alat golgi membikin lagi organel baru dari zat hasil rombakan ini.
thumbnail Title : Pengertian Autofagi dan Prosesnya
Posted by : Budi OryzaSativa
Published : 2015-06-11T19:46:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 19.46