Klasifikasi Mikroorganisme


Klasifikasi Mikroorganisme -  Mikroorganisme merupakan makhluk hidup yang berukuran sangat kecil yaitu dalam skala micrometer atau micron (μ) atau sepersejuta meter dan tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Dalam percakapan sehari-hari atau untuk kepentingan praktis mikroorganisme sering disebut sebagai mikroba atau kuman. Untuk mempelajarinya diperlukan cara tertentu yaitu observasi mikroskopik dan biakan atau pure culture. Termasuk dalam golongan mikroorganisme adalah bakteri (eubactera, archaebacteria), fungi (yeasts, molds), protozoa, microscopic algae dan virus serta beberapa macam cacing (helmints). Ilmu yang mempelajari mikroorganisme disebut mikrobiologi. Ilmu mikrobiologi kedokteran mempelajari mikroorganisme sebagai penyebab penyakit infeksi, cara mendiagnosis, pengobatan, pencegahan dan pengendalian infeksi.

Klasifikasi Mikroorganisme

Semua mikroorganisme adalah sel kecuali virus. Teori tentang sel menyebutkan bahwa makhluk hidup dapat berupa organisme sel tunggal atau organisme yang tersusun atas berbagai sel (multisel). Sel merupakan unit kompleks dari suatu sistem kehidupan. Semua makhluk hidup yang ada berasal dari replikasi atau transformasi dari sel yang ada sebelumnya. Sel adalah struktur yang dibatasi suatu membran, bermetabolisme secara aktif dan mengandung  materi hereditas.

Seperti semua makhluk hidup lainnya, mikroorganisme ditempatkan ke dalam sistem klasifikasi. Klasifikasi menyoroti karakteristik yang umum di antara kelompok-kelompok tertentu sambil memberikan untuk berbagai makhluk hidup. Ilmu klasifikasi dikenal sebagai taksonomi, dan takson adalah ekspresi alternatif untuk kategori klasifikasi. 

Urutan dasar klasifikasi yang ditetapkan oleh Linnaeus adalah spesies. Untuk organisme seperti hewan dan tumbuhan, spesies didefinisikan sebagai populasi individu yang berkembang biak di antara mereka sendiri. Untuk mikroorganisme, spesies didefinisikan sebagai kelompok organisme yang 70 persen sama dari sudut pandang biokimia.

Sebelum keberadaan mikroba ditemukan, semua mikroorganisme dikelompokkan baik dalam Kingdom animalia atau Kingdom plantae. Ketika organisme mikroskopis dengan karakteristik hewan dan tumbuhan ditemukan di akhir abad ketujuhbelas, sistem kalasifikasi baru masih diperlukan. Tetap saja, para ahli biologi tidak setuju dengan kriteria mengklasifikasikan organisme baru yang mereka lihat hingga pada akhir 1970-an.

Klasifikasi Mikroorganisme

Semua jasad hidup bersel satu atau uniseluler dapat dibedakan menjadi 4 golongan sebagai berikut :


  • Binatang Bersel Satu
Protozoa , contoh : amoeba, plasmodium, Paramecium, euglena dll.



  • Tumbuhan Mikroskopis

a. Fungi, contoh: eumycetes
b. Alga yang bersifat eukaryotik
Ganggang ini membutuhkan sinar matahari untuk pertumbuhannya dapat dibagi menjadi : alga hijau, alga merah, lga perang, alga laut dll.


  • Prokaryotic

A. Prokaryotae yang fototrofrik,

  1. Cyanobakteriae, membutuhkan cahaya matahari untuk pertumbuhannya. Ini merupakan green algae
  2. Photobacteria ( rhodospirales ): Bakeri ungu
  3. Rhodosspirillacae, (dulu Atheorhodaseae)
  4. Chromatiaceae, ( dulu Thiorhaodaceae )

B.  Scotobacteria, yaitu prokaryota yang tidak membutuhkan cahaya dalam pertumbuhannya.

  1. Schizomycetes, yaitu semua bakteri yang termasuk dalam eubacteriales dan kebanyakan bakteri pathogen
  2. Actinomycetes
  3. Rickettsia, merupakan scotobacteria yang obligat yang hidup didalam sel – sel eukariotik sebagai parasite jasad ini lebih kecil dari bakteri. Rickettsia penyebab penyakit demam tipes.
  4. Clamydia, dapat menyebabkan penyakit trachoma
  5. Mycoplasma, merupakan scotobacteria yang tidak mempunyai dinding sel, tetapi dikelilingi tiga lapis membrane sel. Disebut juga sebagai PPLO(pleuropnewmonia like organisme) dapat menyebabkan penyakit pada saluran pernapasan.


  • Virus : tidak merupakan sel prokariotik maupun prokariotik.
thumbnail Title : Klasifikasi Mikroorganisme
Posted by : Budi OryzaSativa
Published : 2015-10-09T20:35:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 20.35