Klasifikasi Bunga Pagoda


Klasifikasi Bunga Pagoda - Bunga Pagoda, kalau membahas tentang Pagoda maka yang terbayang dalam otak kita yaitu sebuah rumah yang menjadi ciri khas di negeri Tiongkok. Di dunia tumbuhan juga terdapat tumbuhan yang bunganya memiliki bentuk seperti itu, oleh karena itu dinamakan dengan bunga Pagoda. Kali ini BiologiOnline.Info akan memberikan informasi singkat tentang tumbuhan ini disertai dengan klasifikasinya, mari kita simak.

Bunga Pagoda

Tumbuhan Bunga Pagoda

Bunga pagoda termasuk tanaman meranggas. Pada umumnya, bunga pagoda ini banyak ditemukan di pekarangan rumah, tepi jalan, atau bahkan memang sengaja ditanam di taman sebagai tanaman hias. Merupakan famili Verbenaceae, berbentuk semak tahunan dengan tinggi 1- 2 meter.Batangnya tegak,bulat,sedikit bercabang,berwarna putih kehitaman. Daun tunggal,berseling,bentuk jantung,tepi neringitujung runcing,pangkal bertoreh,panjang 15-30 cm, lebar 10-25 cm, pertulangan melengkung, permukaan kasar.Bunga majemuk,bentuk payung,terletak di ujung batang atau cabang,tangkai silendris.Kelopak berbentuk corong,bercangap.Mahkota bentuk tabung ujung bercangap lima dan berwarna oranye.

Habitat :
Biasa ditanam di pekarangan rumah, taman atau di tepi jalan. Tumbuh di dataran tinggi 1.300 dpl.
Spesies ini tumbuh dihampir semua habitat tropis, hutan hujan tropis, semak belukar dan dekat dengan sumber air.

 Manfaat Bunga Pagoda
Akar bunga pagoda dapat digunakan sebgai antiradang, peluruh kencing, menyembuhkan bengkak, dan menghancurkan darah beku. Daun bunga pagoda dapat digunakan untuk mengeluarkan nanah dan sebagai obat antiradang. Sedangkan, bunganya sendiri dapat digunakan untuk menghentikan pendarahan.

Klasifikasi Bunga Pagoda (Clerodendron paniculatum)
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Asteridae
Ordo: Lamiales
 Famili: Verbenaceae 
Genus: Clerodendron
Spesies: Clerodendron paniculatum Vahl
(sumber: Plantamor.com)


thumbnail Title : Klasifikasi Bunga Pagoda
Posted by : Budi OryzaSativa
Published : 2016-01-14T08:50:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 08.50