Klasifikasi Rumput Belulang (Eleusine indica)


Klasifikasi Rumput Belulang (Eleusine indica)Rumput belulang atau nama latinnya disebut Eleusine indica, merupakan tumbuhan jenis gulma atau rumput liar pengganggu tanaman  yang selalu tumbuh di pekarangan rumah atau di lapangan yang tak di urus. Rumput ini dapat dikenalikan sendiri atau menggunakan hesbisida.
Rumput belulang yang sedang berbunga 
Klasifikasi Rumput Belulang


Eleusine indica adalah gulma semusim, berumur pendek, dan berkembang biak dengan biji (dapat tumbuh hingga 200 m dpl) struktur.  Akar Akar Rumput Belulang (Eleusine indica (L.) Gaertn.) memiliki system perakaran serabut. Akar rumput membentuk tali halus. Akar serabut yang kecil-kecil memiliki percabangan yang sangat banyak, selain itu juga memiliki bulu yang halus. Batang Batang Rumput Belulang (Eleusine indica (L.) Gaertn.) membentuk rumpun yang kokoh dengan perakaran yang lebat. Tumbuh tegak atau ada kalanya merambat. Membentuk cabang. Sering membentuk akar pada buku terbawah. Tingginya 12-85 cm. Daun Daun Rumput Belulang (Eleusine indica  (L.) Gaertn.) memiliki helai daun panjang. Bentuk garis. Bagian pangkal tidak menyempit. Ujungnya runcing atau tegak tumpul. Pada pangkalnya selalu terdapat beberapa rambut panjang.  Bunga Bunga Rumput Belulang (Eleusine indica  (L.) Gaertn.) tegak atau condong ke samping. Dengan dua sampai tujuh bulir yang tumbuh menjari (digitatus) pada ujung batang. Bulir lainnya (nol sampai tujuh) tumbuh di bawah atau tersebar atau rapat satu sama lain.

Rumput belulang hidup dengan baik pada daerah yang hangat serta basah. Rumput belulang tumbuh baik pada daerah terbuka. Tanaman ini banyak ditemukan di area persawahan, kebun, pinggir jalan serta pada jalan setapak. Rumput belulang berkembangbiak secara alami menggunakan biji.

Klasifikasi Rumput Belulang (Eleusine indica)
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Liliopsida (berkeping satu / monokotil)
Sub Kelas: Commelinidae
Ordo: Poales
Famili: Poaceae (suku rumput-rumputan)
Genus: Eleusine
 Spesies: Eleusine indica (L.) Gaertn
thumbnail Title : Klasifikasi Rumput Belulang (Eleusine indica)
Posted by : Budianto SPd
Published : 2016-03-19T14:45:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 14.45