Pengertian Fosfat (PO4)


Pengertian Fosfat (PO4) - Fosfat terdapat dalam perairan alami ataupun limbah sebagai senyawa ortofosfat, polifosfat dan fosfat organik (Alaerts dan Santika, 1987). Ortofosfat merupakan senyawa bentuk fosfat yang dapat dimanfaatkan secara langsung oleh tumbuhan akuatik, sedangkan polifosfat harus mengalami hidrolisis membentuk ortofosfat terlebih dahulu untuk dapat dimanfaatkan sebagai sumber fosfat (Hariyadi, 2002). 

Batuan Fosfat

Fosfat berasal dari sedimen yang selanjutnya terinfiltrasi ke dalam air tanah dan masuk ke badan perairan. Selain itu fosfat dapat berasal dari atmosfer dan bersama curah hujan masuk ke dalam sistem perairan (Barus, 2004). Penambahan fosfat dipengaruhi adanya masukan limbah industri, penduduk, pertanian dan aktivitas masyarakat lainnya. Kandungan fosfat pada perairan umumnya tidak lebih dari 0,1mg/l, kecuali pada daerah yang menerima limbah rumah tangga dan industri tertentu serta dari pertanian yang mendapat pemupukan fosfat. 

Bila kadar fosfat dalam air sangat rendah (< 0,01mg/1), pertumbuhan tanaman dan ganggang akan terhalang. Keadaan ini disebut oligotropik. Bila kadar fosfat dan nutrien lainnya tinggi, pertumbuhan tanaman akan menjadi tidak terbatas sehingga tanaman tersebut dapat menghabiskan oksigen dalam perairan di malam hari (Alaerts & Santika, 1987).
thumbnail Title : Pengertian Fosfat (PO4)
Posted by : Budi OryzaSativa
Published : 2016-03-30T21:03:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 21.03