Pengertian Salinitas


Pengertian Salinitas - Salinitas adalah suatu besaran yang menunjukkan banyaknya kandungan garam (biasanya NaCl) dalam suatu larutan. Bergantung pada lingkungan, salinitas dapat berfluktuasi besar kecil atau konstan. Adanya garam dalam suatu larutan akan menyebabkan turunnya tekanan osmosis larutan tersebut, artinya larutan tersebut akan menarik air dari sekitarnya. 

Pengertian Salinitas

Makin tinggi salinitas makin kuat menarik airnya. organisme memerlukan air oleh karena itu air yang ada dalam tubuhnya akan dipertahankan sestabil mungkin. Kemampuan mempertahankan konsentrasi air dalam tubuh disebut osmoregulasi. Oleh karena itu, organisme yang tahan terhadap perubahan salinitas yang besar ada pula yang tidak. Organisme yang tahan hidup pada kisaran salinitas luas disebut euryhalin, sedangkan yang sempit disebut stenohalin.

Pengukuran salinitas merupakan hal rutin dilakukan dan bahkan faktor yang sangat penting dalam sampling di laut dan di muara. Alat yang praktis adalah jenis refraktometer. Tetapi ada kalanya data yang diperoleh bukan salinitas melainkan klorinitas atau presipitasi. Untuk mengetahui total dari hal ini menggunakan metode titrasi dengan perak nitrat. Sejak tahun 1962 rumus yang digunakan adalah Salinitas (0/00 = permil) = 1,80655 x khlorinitas (0/00 = permil). Klorinitas adalah banyaknya Cl(g) yang dikandung oleh 1 kg air laut. Bila yang digunakan volume bukan berat, maka disebut klorositas (Hariyanto et al., 2008).
thumbnail Title : Pengertian Salinitas
Posted by : Budi OryzaSativa
Published : 2016-03-29T20:00:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 20.00