Struktur Anatomis Daun


Struktur Anatomis Daun - Seperti halnya Batang dan akar, secara anatomis daun tersusun atas tiga sistem jaringan, yakni jaringan pelindung (epidermis), jaringan dasar (parenkim), dan jaringan pengangkut (vaskular).

Anatomi Daun

a. Epidermis
Epidermis biasanya dilindungi oleh lapisan kutikula. Pada tumbuhan tertentu selain lapisan kutikula di sebelah luarnya ada lapisan lilin, untuk mencegah penguapan yang terlalu besar. Contohnya pada permukaan bawah daun pisang.

Epidermis umumnya satu lapis tetapi ada yang lebih dari satu lapis. Epidermis daun dapat membentuk stomata dan trikoma. Stomata umumnya terdapat di permukaan bawah, tetapi ada pula yang terdapat di kedua permukaan epidermis daun. Pada tumbuhan air, (teratai, eceng gondok), stomata terdapat pada permukaan atas daun.

Stomata tersusun atas lubang atau pori yang dikelilingi oleh dua sel berbentuk melengkung seperti ginjal yang disebut sel penutup (sel penjaga; guard Cell). Stomata mengatur penguapan, masuknya CO2 dari udara dan keluarnya O2 ke udara saat fotosintesis dan arah sebaliknya saat respirasi.

b. Jaringan Dasar
Jaringan dasar pengisi daun terletak di antara epidermis atas dan epidermis bawah, disebut mesofil atau daging daun. Pada kebanyakan daun dikotil, mesofil berkembang menjadi palisade (jaringan tiang) dan spos ( jaringan bunga karang). Mesofil merupakan daerah utama tempat fotosintesis.

c. Berkas Pengangkut
Berkas pengangkut (xilem dan floem) pada daun terdapat di tulang daun dan mempunyai tulang daun dan cabang tulang, susunan berkas pengangkut semakin sederhana.
thumbnail Title : Struktur Anatomis Daun
Posted by : Budi OryzaSativa
Published : 2016-07-28T22:01:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 22.01