Pengertian Sistem Saraf


Pengertian Sistem Saraf - Sel saraf merupakan bagian utama pada sistem saraf. Sel saraf membawa pesan melalui sistem saraf. Tubuhmu mengandung berjuta-juta sel saraf. Sel saraf disebut neuron.

Sistem Saraf

Neuron seringkali diperbandingkan dengan kawat listrik yang sangat kecil dan panjang. Kawat membawa pesan dan memiliki pembungkus (isolator) di luarnya. Kawat biasanya menghubungkan dua hal seperti misalnya sumber listrik dengan lampu. Neuron juga sangat kecil dan juga dapat sangat panjang. Neuron dapat memiliki ukuran panjang sampai satu meter di beberapa bagian tertentu dari tubuhmu. Neuron juga memiliki pembungkus. Neuron membawa pesan ke seluruh tubuhmu. Neuron memungkinkan bagian tubuh yang satu berekoordinasi dengan bagian tubuh yang lain.

Kita juga dapat membandingkan sebuah kabel dengan sebuah saraf. Sebuah kabel terbuat dari beberapa kawat yang dibungkus bersama, sehingga membentuk kabel yang tebal dan besar. Sebuah saraf merupakan beberapa neuron yang dibungkus bersama-sama. Saraf dapat juga besar dan tebal.


Sebuah neuron  memiliki bagian-bagian yang juga dimiliki oleh sel-sel yang lain, seperti intisel dan sitoplasma. Terdapat sedikit perbedaan antara sel yang lain dengan neuron. Dua perbedaan yang dimaksud adalah ukuran dan bentuk neuron. Neuron berbentuk panjang dan kecil, sehingga dapat melakukan fungsinya dengan baik. Perbedaan ketiga antara neuron dengan sel yang lain adalah pada bentuk ujungnya. Ujungujung neuron bercabang-cabang. Satu ujung disebut dendrit. Dendrit adalah bagian neuron yang menerima pesan dari neuron tetangganya. Ujung yang lain biasanya lebih panjang disebut akson. Akson adalah bagian dari neuron yang berfungsi mengirim pesan ke neuron-neuron sekitar atau ke organ tubuh.
thumbnail Title : Pengertian Sistem Saraf
Posted by : Budi OryzaSativa
Published : 2016-08-18T22:34:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 22.34