Susunan dan Fungsi Saraf Pusat dan Saraf Tepi


Susunan dan Fungsi Saraf Pusat dan Saraf Tepi - Sel-sel saraf membentuk tiga bagian atau area penting dari sistem sarafmu. Bagian yang dimaksud adalah otak, sumsum tulang belakang, dan saraf-saraf tubuh. Otak dan sumsum tulang belakang merupakan saraf pusat, sedangkan saraf-saraf tubuh merupakan saraf tepi Organ utama pertama sistem saraf manusia adalah otak. Otak adalah organ yang mengirim dan menerima pesan ke dan dari seluruh bagian tubuh. Otak juga berfungsi merekam dan menginterpretasikan pesan. Otak tersusun dari berjuta-juta neuron.

Susunan dan Fungsi Saraf Pusat dan Saraf Tepi

Bagian utama kedua sistem saraf manusia adalah sumsum tulang belakang. Sumsum tulang belakang adalah bagian yang membawa pesan dari otak ke saraf-saraf tubuh atau dari saraf tubuh ke otak. Pesan berjalan ke atas pada jalur menuju ke otak dan turun ke sumsum tulang belakang menuju ke saraf tubuh. Sumsum tulang belakang tersusun dari berjuta-juta neuron. 

Seberapa baik otak dan sumsum tulang belakang dilindungi dari kerusakan. Keduanya dilindungi oleh tulang dan selaput. Keduanya juga diselaputi oleh cairan. Otak dilindungi oleh tulang tengkorakmu. Sumsum tulang belakang dilindungi oleh tulang vertebrae. Apa arti kata vertebrae? Bagian ketiga dari sistem sarafmu adalah kelompok saraf yang memasuki dan meninggalkan sumsum tulang belakang. Kelompok saraf itu disebut saraf-saraf tubuh. Saraf-saraf tubuh menghubungkan organ, otot, dan kulit dengan sumsum tulang belakang. Pesan bergerak sepanjang saraf tubuh dari organ atau otot ke sumsum tulang belakang, kemudian ke otak. Pesan juga bergerak dari otak ke sumsum tulang belakang, dan kemudian ke sepanjang saraf tubuh ke organ atau otot. Saraf tubuh dapat diibaratkan kawat listrik yang berasal dari sumber listrik ke rumah-rumahmu.


thumbnail Title : Susunan dan Fungsi Saraf Pusat dan Saraf Tepi
Posted by : Budi OryzaSativa
Published : 2016-08-18T23:40:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 23.40