Klasifikasi Ikan Koi


Klasifikasi Ikan Koi - Ikan Koi merupakan salah satu ikan hias populer, karena memiliki corak badan yang sangat indah sehingga menjadi banyak orang yang ingin memelihara ikan ini. kan ini termasuk dalam famili ikan mas atau “ Ciprynidae ” yang berasal dari negara jepang, dan sudah menyebar keberbagai wilayah lainnya termasuk Indonesia.

Ikan Koi

Koi sebenarnya merupakan mutasi dan hasil persilangan dari beraneka warna ikan mas(karper). Bertahun-tahun yang lalu, para petani di Niigata Jepang membutuhkan sumber protein selama musim dingin yang panjang . Mereka memelihara ikan karper di kolam sampai mereka mencapai ukuran  tertentu . Pada akhirnya para petani menyadari bahwa beberapa dari ikan mas tersebut  memiliki warna yang berbeda, sehingga mereka terus memelihara dan dibesarkan. Dari situlah awal pembudidayaan ikan koi dimulai sehingga sampai beberapa ratus tahun kemudian mengalami perkembangan yang cukup pesat..

Ikan koi memiliki bentuk memanjang atau di sebut torpedo, mempunyai sirip punggung, sepasang sirip perut, sepasang sirip dada, dan juga mempunyai sirip di bagian ekor. Pada sirip ikan koi ini terdiri atas jari lunak, jari keras, dan juga memiliki selaput sirip. Alat yang membantu untuk berenag dengan cepat terletak pada bagian selaput sirip atau di sebut sayap.

Klasfikasi Ikan Koi
Kingdom : animalia
Filum : Chordata
Sub filum : Vertebrata
Kelas : Esteichthyes
Ordo : Ostariophysi
Sub Ordo : Teleostei
Famili : Cyprinidae
Genus : Cyrinus
Spesies : Cyprinus carpio




thumbnail Title : Klasifikasi Ikan Koi
Posted by : Budi OryzaSativa
Published : 2016-10-20T10:33:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 10.33