Karakteristik Model Pembelajaran IPA


Karakteristik Model Pembelajaran IPA - Menurut Joyce & Weil (1980), model pengajaran sebenarnya adalah model pembelajaran, karena tujuan pengajaran adalah membantu siswa memperoleh informasi, ide-ide, keterampilan-keterampilan, nilai-nilai, cara-cara berpikir, alat-alat untuk mengekspresikan diri, serta cara-cara belajar. Sesungguhnya tujuan jangka panjang pengajaran yang terpenting adalah agar siswa nantinya mampu meningkatkan kemampuan belajar ke arah lebih mudah dan efektif, karena pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai telah diperoleh di samping siswa telah menguasai proses-proses belajar. Guru yang sukses bukan lagi guru yang karismatik dan presenter yang efektif dan persuasif, tetapi guru yang mampu menghasilkan pebelajar-pebelajar yang otonom, tangguh dan sukses. Jadi fokus proses belajar-mengajar bukan pada guru lagi tetapi pada siswa, bukan pada pengajaran tetapi pada pembelajaran, sehingga istilah pengajaran digantikan dengan pembelajaran, model pengajaran digantikan dengan model pembelajaran, meskipun istilah pengajaran dan model pegajaran kadang-kadang masih digunakan.

Secara umum pengertian model adalah tiruan/ konsepsi dari benda atau keadaan yang sesungguhnya, sebagai gambaran atau contoh yang bermanfaat dalam pemecahan masalah. Pada materi diklat ini model pembelajaran dimaksudkan sebagai gambaran/ konsepsi bagaimana pembelajaran dilakukan, yang mencakup : (1) rasional atau teori yg melandasi model, (2) tujuan/ kemampuan yg dapat dicapai dengan model tersebut, (3) pola urutan langkah-langkah (sintaks) pembelajaran, (4) lingkungan belajar dan sistem pengelolaan yang diperlukan agar tujuan pembelajaran tercapai.

Model pembelajaran dapat berfungsi sebagai sarana komunikasi dalam menggambarkan bagaimana proses pembelajaran dilakukan. Guru-guru di tempat yang berjauhan dapat bertukar informasi mengenai pembelajaran yang dilakukannya dalam bentuk model pembelajaran tersebut. Dengan demikian jika seorang guru akan melakukan pembelajaran seperti yang dilakukan temannya di tempat yang jauh, ia dapat meminta temannya untuk mengirimkan model pembelajarannya, selanjutnya ia dapat mempraktekkannya berdasarkan model pembelajaran yang dikirim tersebut. Model pembelajaran juga memudahkan dalam mengevaluasi proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru, karena pola urutan dan langkahlangkah dalam suatu model pembelajaran telah tertentu. Variasi penggunaan model pembelajaran dapat memperkaya strategi mengajar guru dan cara belajar siswa.

Menyimak pengertian model pembelajaran tersebut, maka jelaslah dalam model pembelajaran terkandung pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran, meskipun tidak dinyatakan secara eksplisit. Sebenarnya banyak sekali definisi-definisi pendekatan, stategi, metode, dan teknik yang telah dikemukakan pada pustaka-pustaka, tetapi banyak yang kabur, tidak jelas maknanya, sulit dimengerti, tidak sejalan satu sama lain sehingga tidak dikemukakan di sini. Pada materi diklat ini yang dimaksud dengan pendekatan adalah orientasi (arah) dalam mencapai sasaran yakni tujuan pembelajaran, sedangkan strategi adalah rencana aksi/ tindakan yang sesuai dengan pendekatan yang telah dipilih dalam bentuk pola urutan langkah-langkah. Tiap-tiap langkah dalam strategi dapat dilakukan dengan berbagai metode, dan tiap metode dapat Beberapa pendekatan yang sering digunakan dalam pembelajaran IPA antara lain pendekatan inkuiri, pendekatan keterampilan proses, pendekatan S-T-S (Science-Technology-Society), pendekatan konstruktivisme. Sedangkan beberapa metode yang sering digunakan antara lain metode ceramah, tanya jawab, diskusi, demonstrasi, dan eksperimen.

Model pembelajaran IPA menggambarkan bagaimana pembelajaran IPA dilakukan. Dewasa ini telah dikembangkan bermacam-macam model pembelajaran oleh para ahli. Di antara model-model pembelajaran tersebut ada yang dirancang secara umum tetapi cocok digunakan untuk pembelajaran IPA, namun ada yang memang dirancang khusus untuk pembelajaran IPA. Beberapa model tersebut akan diuraikan, agar dapat dipahami karakteristiknya masing-masing.
thumbnail Title : Karakteristik Model Pembelajaran IPA
Posted by : Budianto SPd
Published : 2017-09-11T18:46:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 18.46