Langkah Mudah Merawat PC Komputer Kesayangan


Perangkat PC komputer di rumah atau kantor tentu menjadi andalan kita ketika menyelesaikan pekerjaan. Selain itu, biasanya PC komputer juga bisa digunakan untuk mengakses sarana hiburan. Kita bisa menonton film, browsing, dan bermain game dengan leluasa di PC komputer yang biasa kita gunakan.

Langkah Mudah Merawat PC Komputer Kesayangan (Sumber : Google)


Jika ingin membeli PC komputer berkualitas, kita bisa mendapatkannya di MatahariMall. Karena kini MatahariMall.com sudah menyiapkan berbagai merek komputer unggulan yang pas dengan kebutuhan kita. Tak mengherankan bila toko online yang satu ini semakin unggul. Karena banyak sekali jenis produk yang bisa kita dapatkan secara mudah dengan harga ekonomis.

Namun selain membeli komputer berkualitas, kita juga wajib memahami cara merawatnya dengan benar. Jangan sampai komputer kita mudah rusak karena tak dirawat dengan baik. Ikuti beberapa langkah mudah berikut ini agar komputer kesayangan tetap awet dan berkualitas:

Memasan Firewall pada Komputer
Perlindungan data-data komputer memang penting supaya data tersebut tak mudah rusak akibat serangan virus komputer. Jadi, jangan lupa memasang firewall untuk dua fungsi, yaitu untuk pengoperasian komputer dan perlindungan komputer dari virus dan malware.

Menjauhkan Komputer dari Medan Magnet
Medan magnet yang berasal dari benda-benda logam ternyata bisa mempengaruhi kinerja hard disk. Jadi, kita wajib menjauhkan komputer dari medan magnet dan benda-benda elektronik penghasil gelombang elektromagnetik. Pastikan kalau ada jarak antara komputer dan benda-benda elektronik di rumah atau kantor.

Jangan Menggunakan Komputer Secara Berlebihan
Komputer juga butuh waktu istirahat yang cukup. Karena komponen-komponen komputer akan lekas rusak bila digunakan secara henti. Sebaiknya kita menggunakan komputer maksimal 8 jam per hari. Kemudian matikan komputer selama beberapa jam untuk mengembalikan fungsinya seperti sedia kala.

Sirkulasi Udara yang Cukup untuk Perangkat Komputer
Kita harus memperhatikan sirkulasi udara pada perangkat komputer dan CPU. Usahakan agar tidak meletakkan komputer dengan posisi menempel ke tembok. Harus ada ruang yang cukup agar sirkulasi udara pada komputer dapat berlangsung lancar. Dengan demikian, komputer tak akan mudah panas ketika digunakan.

Menggunakan Perangkat Stabilizer
Perangkat stabilizer atau UPS sangat penting untuk komputer. Karena komputer membutuhkan aliran listrik yang stabil agar seluruh komponennya bisa berfungsi maksimal. Penggunaan stabilizer akan meminimalkan risiko kerusakan komputer ketika terjadi mati listrik mendadak.

Bersihkan Komponen Komputer Secara Berkala
Komponen komputer berupa motherboard, CPU, hard disk, dan lainnya ternyata harus dibersihkan secara teratur. Lakukan proses bersih-bersih minimal 6 bulan sekali. Cara sederhana ini sangat efektif menghilangkan debu dan kotoran pada komponen komputer. Sehingga kinerja komputer pun tak akan terganggu.

Menghilangkan File Sampah dari Komputer
Keberadaan file-file sampah pada komputer ternyata bisa mempengaruhi kinerja komputer secara keseluruhan. Jadi, alangkah lebih baik bila kita membersihkan file komputer secara teratur. Ketikkan cleanmgr pada bagian run. Selanjutnya, kita tinggal memilih file yang ingin dihapus dari komputer.

Menon-aktifkan Program yang Sedang Tak Digunakan
Mungkin tak banyak yang menyangka kalau program yang aktif meski tak terpakai bisa mempengaruhi kinerja komputer. Kita wajib memeriksa program-program tersebut secara teratur. Jangan ragu menon-aktifkan program yang sedang tak digunakan. Sehingga kinerja komputer lebih fokus pada program-program penting yang kita butuhkan.
                                                                                           

Ternyata merawat PC komputer tidak sesulit yang kita bayangkan. Mulai sekarang, mari merawat PC komputer secara cermat. Agar kita tak kesulitan menghadapi PC komputer yang rusak. Aktivitas dan pekerjaan lainnya pun bisa diselesaikan tepat waktu dengan dukungan PC komputer andalan kita.
thumbnail Title : Langkah Mudah Merawat PC Komputer Kesayangan
Posted by : Budianto SPd
Published : 2017-09-15T20:39:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 20.39