Inilah Menyusun Skenario Pembelajaran IPA


Inilah Menyusun Skenario Pembelajaran IPA - Seperti telah dipelajari di muka, Standar Nasional Pendidikan menuntut guru IPA membuat rencana program pembelajaran IPA. Demikian pula jika kita perhatikan di USA, guru IPA juga dituntut untuk membuat rencana program pembelajaran IPA berbasis inkuiri.

Inilah Menyusun Skenario Pembelajaran IPA

Banyak variasi format rencana pelaksanaan pembelajaran IPA yang dibuat atau ditentukan, jika diidentifikasi komponen-komponen yang ada antara lain : identitas, tujuan pembelajaran umum / kompetensi dasar, tujuan pembelajaran khusus/ indikator, model pembelajaran, sumber, media/ alat dan bahan, kegiatan belajar-mengajar/ skenario pembelajaran/ langkah-langkah pembelajaran, dan evaluasi.

Dalam dunia penyutradaraan pada umumnya skenario menggambarkan urutan adegan demi adegan suatu drama, sandiwara, atau film. Dalam dunia pendidikan skenario pembelajaran seperti yang teridentifikasi di atas merupakan deskripsi langkah-langkah dalam proses/ kegiatan belajar mengajar. Dengan demikian skenario pembelajaran merupakan bagian atau komponen dari rencana pelqaksanaan pembelajaran. Skenario pembelajaran merupakan jabaran dari sintaks dalam model pembelajaran namun sudah dikaitkan dengan komponenkomponen alat, bahan, media, materi, siswa, sumber, pendekatan,strategi, metode, teknik, evaluasi dsb.

Pada umumnya kegiatan belajar-mengajar dapat diklasifikasikan dalam kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Lama kegiatan pendahuluan dan penutup hampir sama, umumnya sekitar 5-10 menit, sedangkan bagian yang terbesar untuk kegiatan inti. Isi kegiatan pendahuluan antara lain menyampaikan tujuan/ kompetensi yang ingin dicapai, mengungkap latar belakang dan apersepsi, dan atau memotivasi siswa. Sedangkan kegiatan penutup antara lain menyimpulkan, merangkum, memberikan pertanyaan/ tugas/ latihan lanjut, memberikan apresiasi dan sejenisnya. Pembagian kedalam tiga klasifikasi ini dapat ditulis secara eksplisit, namun dapat juga tidak ditulis secara eksplisit dalam skenario pembelajaran.

Sebagai gambaran, di bawah disajikan contoh skenario pembelajaran IPA yang dilakukan dengan model pembelajaran langsung dan pendekatan keterampilan proses, dengan tujuan/kompetensi yang ingin dicapai adalah siswa mampu mengukur besaran fisika (masa) benda dengan neraca Ohauss dan mampu menyajikan hasil pengukurannya. Kerampilan proses yang dikembangkan adalah keterampilan membuat tabel dan keterampilan bertanya, di samping keterampilan mengukur.
thumbnail Title : Inilah Menyusun Skenario Pembelajaran IPA
Posted by : Budianto SPd
Published : 2017-10-09T21:14:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 21.14