Defenisi Glukosuria


Defenisi Glukosuria - Glukosuria adalah penyakit yang ditandai adanya glukosa dalam urine. Penyakit tersebut sering juga disebut penyakit gula atau kencing manis (diabetes mellitus). Kadar glukosa dalam darah meningkat karena kekurangan hormon insulin. Nefron tidak mampu menyerap kembali kelebihan glukosa, sehingga kelebihan glukosa dibuang bersama urine.

Saluran pada ginjal mampu menyerap kembali gula darah hingga 180 mg/dl. Pada orang normal, gula pada ginjal tidak melebihi angka tersebut. Glikosuria dideteksi melalui pemeriksaan urine. Terdapat dua metode pemeriksaan, yakni pemeriksaan kuantitatif (mencantumkan angka besaran kadar gula pada urine) dan kualitatif (mencantumkan skala kadar gula: skala berupa angka 1  hingga 4).

GEJALA
Gula bersifat menyerap air. Dengan demikian, pada penderita glikosuria akan terjadi peningkatan volume air kemih. Penderita akan merasa sering buang air kecil bahkan sering terbangun malam hari saat tidur untuk berkemih. Jika kondisi ini terus terjadi, penderita dapat mengalami dehidrasi, lemas, sering merasa haus, dan kekurangan cairan.

PENGOBATAN
Pengobatan glikosuria disesuaikan dengan penyebabnya. Pada penderita kencing manis, penderita harus mengonsumsi obat agar tercapai target kada gula darahnya. Penderita juga harus diet rendah gula, rajin berolah raga, dan bagi penderita yang gemuk dianjurkan untuk menurunkan berat badan. Bila target kadar gula darah sudah tercapai maka kondisi glikosuria pun akan membaik. Demikian pula glikosuria yang diakibatkan oleh kelaianan pada saluran ginjal. Perlu diperiksa dengan mendetail penyebab kerusakan pada saluran ginjal tersebut. Terapi yang tepat sesuai dengan penyebabnya akan memperbaiki kondisi glukosiria.
thumbnail Title : Defenisi Glukosuria
Posted by : Budianto SPd
Published : 2017-11-22T21:57:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 21.57