Inilah Gangguan pada Sistem Otot


Inilah Gangguan pada Sistem Otot - Otot pada umumnya bekerja dalam kelompok untuk menghasilkan suatu gerakan. Dua kelompok otot atau lebih dapat bekerja secara antagonis atau sinergis. Antagonis maksudnya kerja antara dua kelompok otot saling berlawanan. Jika satu kelompok otot berkontraksi maka kelompok otot yang lain berelaksasi. Contohnya, kerja otot bisep dan trisep.

Kram Otot


Sebaliknya, kerja otot sinergis berarti kedua kelompok otot bekerja secara bersama-sama dan tidak saling melawan. Contohnya, otot-otot tulang rusuk yang bekerja bersama-sama ketika kita menarik napas. Kontraksi otot dapat terjadi karena adanya ion Ca2+ di dalam jaringan otot.

Beberapa gangguan otot, yaitu
a. fibrosis, berupa pembentukan jaringan fibrosa pada otot. Dengan adanya jaringan fibrosa, otot akan degenerasi sehingga tidak dapat berkontraksi.

b. fibrositis, peradangan pada jaringan fibrosa, biasanya menyebabkan rasa sakit kekakuan pada jaringan fibrosa dan otot yang dilapisinya.

c. distrofi otot, degenerasi otot karena keturunan yang menyebabkan otot rangka menjadi lemah secara seimbang antara kanan dan kiri.

d. miastenia grafis, keadaan melemahnya otot-otot rangka terutama daerah muka dan tenggorokan yang disebabkan gangguan pada persambungan saraf otot. Biasanya menyerang wanita usia 18 – 25 tahun dan laki-laki usia di atas 40 tahun.
thumbnail Title : Inilah Gangguan pada Sistem Otot
Posted by : Budianto SPd
Published : 2017-11-02T22:24:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 22.24