Ion dalam kehidupan sehari-hari


Ion dalam kehidupan sehari-hari - Seperti halnya atom, ion juga merupakan hal yang abstrak dan tidak tampak oleh mata. Pernahkah kamu merasakan sakit perut dan ibumu memberikan obat urus-urus? Obat urus-urus yang dijual di apotek adalah serbuk MgSO4 atau lebih dikenal dengan nama garam inggris. Jika garam inggris dilarutkan dalam air yang mempunyai rumus kimia H2O maka terbentuk ion-ion. Tahukah kamu, ion apa sajakah itu? MgSO4 akan mengion menjadi ion Mg2+ dan ion SO2

Ion dalam kehidupan sehari-hari


Selain garam inggris, garam dapur yang mempunyai rumus kimia NaCl membentuk ion Na+ dan ion Cl- jika dilarutkan dalam air. NaCl + H2O → Na+ + Cl- + H+ + OH. Apakah kamu pernah tersetrum listrik? Nah... jika tanganmu basah (mengandung air atau cairan lainnya) maka kamu sangat mudah tersetrum. Mengapa? Itu karena air mampu mengion menjadi ion H+ dan OH- sehingga mudah menghantarkan arus listrik ke tubuhmu. Oleh karena itu, jika tangan kita sedang basah, jangan coba-coba pegang stop kontak listrik karena sangat berbahaya Tahukah kamu bahwa tubuh kita membutuhkan zat besi dalam bentuk ion? Salah satunya dalam pembentukan hemoglobin di mana bagian dari darah bertugas mengangkut oksigen. Jadi, jika tubuh kekurangan zat besi, bukan berarti kita bisa memenuhinya dengan menggigit pagar besi karena bukan besi dalam bentuk itu yang dibutuhkan. Hampir semua proses metabolisme dalam tubuh berlangsung dalam bentuk ion dan dengan bantuan ion. Untuk berlangsungnya transportasi zat antarorgan dibutuhkan ion-ion sebagai transportasi aktifnya, seperti ion Na+ dan K+.

Dalam batu baterai dan aki terjadi arus listrik karena adanya reaksi kimia. Larutan elektrolit yang digunakan mengalami ionisasi, akhirnya dapat menghantarkan arus listrik.

Suatu larutan dapat mengalami ionisasi sempurna atau tidak dapat diselidiki dengan alat uji elektrolit. Jika ionisasi terjadi, ditandai lampu yang menyala (terang/redup) dan terbentuknya gelembung pada elektrode (batang logam yang dibenamkan dalam larutan). Apakah kamu pernah mendengar istilah “penyepuhan”?

Penyepuhan adalah peristiwa pelapisan permukaan suatu logam dengan logam lain melalui proses elektrolisis (penguraian suatu larutan elektrolit oleh arus listrik menjadi ion-ionnya). Sebagai contoh, penyepuhan logam tembaga dengan emas. Hal ini sering dilakukan terhadap piala-piala atau vandel penghargaan agar tampak lebih megah dan mewah.

Saat ini, produk minuman isotonik sering diiklankan di TV. Pernahkah kamu minum minuman isotonik? Dalam minuman tersebut terdapat berjuta-juta ion. Ion apa saja yang ada dalam minuman tersebut ? Itu tugas kamu untuk mencari dan mencatat ion-ion yang terdapat dalam minuman isotonik. Apakah ada manfaat minuman isotonik bagi tubuh kita? Ayo kita cari tahu lewat internet dan hasilnya buat dalam bentuk makalah.
thumbnail Title : Ion dalam kehidupan sehari-hari
Posted by : Budianto SPd
Published : 2017-12-27T20:41:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 20.41