Zat Aditif : Bahan Pengembang


Zat Aditif : Bahan Pengembang - Bahan pengembang digunakan untuk mengembangkan adonan kue. Cara kerjanya adalah dengan memproduksi gas asam arang (CO2) yang membuat rongga-rongga pada adonan sehingga adonan mengembang. Beberapa contoh bahan pengembang, yaitu ragi dan natrium bikarbonat (soda kue).

Bahan Pengembang

Ragi merupakan bahan pengembang alami yang diperoleh dari jamur tertentu. Ada dua jenis ragi, yaitu
a. ragi yang dapat mengandung bakteri saccharomyces cerevisae yang dapat menguraikan karbohidrat (maltosa) menjadi glukosa dan akhirnya menjadi etanol (alkohol), seperti ragi untuk membuat tapai;

b. ragi yang mengandung bakteri rhizopus orizae atau rhizopus sp yang dapat menguraikan gluten (protein), seperti ragi untuk membuat tempe.

Fermipan adalah bahan sejenis ragi yang biasa digunakan untuk membuat roti, seperti kue donat. Gluten menyebabkan roti menjadi elastis dan kobehesif karena berisi CO2.

Natrium bikarbonat merupakan bahan kimia yang berfungsi sebagai pengembang. Umumnya berbentuk tepung soda kue yang merupakan campuran natrium bikarbonat, garam aluminium sulfat, dan garam kalsium hidrofosfat.
thumbnail Title : Zat Aditif : Bahan Pengembang
Posted by : Budianto SPd
Published : 2017-12-16T22:44:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 22.44