Macam-Macam Alat Bedah Beserta Manfaatnya


Alat kesehatan merupakan hal yang penting di rumah sakit maupun rumah pribadi. Peralatan bedah merupakan peralatan yang tentunya penting dan harus ada banyak di setiap rumah sakit. Banyak tempat yang menjual peralatan bedah seperti di toko alat kesehatan jakarta atau dengan cara online di Goapotik.com. Dimana anda dapat membeli banyak peralatan kesehatan atau berbagai macam peralatan bedah yang harganya sesuai dengan kualitas barang. Banyak peralatan bedah yang harus wajib ada saat pembedahan, seperti berikut:


Scalpel
1. Gunting
Ada beberapa jenis gunting yang digunakan untuk operasi bedah seperti gunting pembedahan, gunting verband, dan gunting dissecting. Fungsi gunting sebagai alat bedah yaitu untuk memotong jaringan tubuh atau memotong benang jahitan. Gunting bedah pun memiliki berbagai ukuran yang sudah diatur standarisasinya.

2.Scalpel
scalpel atau pisau bedah merupakan alat utama dan pertama. Pisau bedah ini digunakan untuk melakukan pembedahan pada pasien. Ada pisau operasi atau scalpel blade dan juga pegangan pisau atau scalpel handle. Tentu saja pisau ini harus tajam dan steril jika saat akan  digunakan untuk proses pembedahan.

3. Needle holders & Suture
Jarum khusus tidak dipegang oleh tangan namun menggunakan needle holders ini yang berbentuk menyerupai sebuah gunting. Kemudian yang digunakan untuk menjahit tentu saja benang jahit atau disebut dengan istilah suture dalam dunia medis. Ada dua ketegori suture yang biasa digunakan yaitu suture yang bisa diabsorsi tubuh sehingga tidak perlu melakukan pembukaan jahitan. Lalu ada jenis suture yang tidak dapat diabsorsi tubuh sehingga beberapa waktu setelah dijahit, maka benang harus diambil.

4. Forceps
Forceps adalah alat jepit yang digunakan untuk menjepit atau memegang sesuatu ketika proses bedah berlangsung. Forceps ada yang berbentuk pinset ada juga yang berbentuk klem. Setiap jenis memiliki kegunaan atau fungsinya masing-masing. Misalnya peritoneum forceps yang berfungsi untuk menjepit jaringan selaput perut saat dibedah, serta klem arteri merupakan penjepit atau klem yang digunakan untuk menjepit pembuluh darah.


Toko alat kesehatan jakarta akan mempunyai segala alat yang anda butuhkan, tunggu apa lagi, segera beli!
thumbnail Title : Macam-Macam Alat Bedah Beserta Manfaatnya
Posted by : Budi OryzaSativa
Published : 2018-01-03T21:20:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 21.20