Biologi Wereng Batang Coklat


Biologi Wereng Batang Coklat - Wereng batang cokelat (Nilaparvata lugens Stall.) merupakan hama penting tanaman padi, serangan wereng batang cokelat (WBC) mengakibatkan kerusakan lebih umum terjadi di daerah yang ditanami padi secara terus menerus, karena WBC mempunyai inang yang ada terus menerus. Wereng batang cokelat memiliki kemampuan untuk berkembang biak secara cepat sehingga pertumbuhan populasi sangat tinggi. Pertumbuhan populasi di daerah curah hujan tinggi mendukung terjadinya peningkatan populasi. Bagi yang persawahannya tergantung irigasi teknis, tanaman dapat dilakukan secara serempak, hal ini dapat menghambat perkembangan WBC menyelesaikan suatu siklus hidupnya.

Wereng batang cokelat mempunyai sistematika sebagai berikut: Phylum Arthopoda, Klas Insecta, Ordo Homoptera, Sub Ordo Auchenorrhyncha, Infra Ordo Fulgoromarpha, Famili Delphacidae, Genus Nilaparvata, dan Spesies Niilaparvata lugens Stall.

Pada imago WBC terjadi dimorfisme yaitu terdapat dua bentuk imago; makroptera (bentuk yang bersayap panjang) dan brakhiptera (bentuk yang bersayap pendek). Makroptera berfungsi untuk melakukan penyebaran jika tanaman sudah tua sehingga sumber makanan tidak tersedia lagi. Panjang imago jantan 2-3 mm dan imago betina 3-4 mm. Imago betina memiliki abdomen yang lebih gemuk daripada imago jantan. Seekor imago betina dalam masa hidupnya selama 10-24 hari mampu meletakkan telur sebanyak 300-350 butir. Wereng batang cokelat kesukaan hidupnya pada tempat dengan suasana lembab dan rindang/teduh. Wereng ini sering merusak tanaman padi karena tanaman padi umumnya berdaun lebat dan selalu hidup di tempat yang berair (memenuhi suasana lembab dan teduh di atas). Dan biasanya pula sambil menunggu adanya tanaman padi, wereng batang cokelat mampu bertahan pada rumput-rumputan atau tanaman-tanaman lembab lainnya, begitu para petani mengolah sawahnya segera melakukan invasi (Baehaki, 2007). 

Dalam perkembangan hidupnya, wereng batang cokelat mempunyai tiga stadium pertumbuhan yaitu stadium telur, nimfa dan dewasa.

Sumber : Lia Susanti (RESPONS BERBAGAI VARIETAS PADI (Oryza sativa L.)
TERHADAP SERANGAN HAMA
WERENG BATANG COKELAT (Nilaparvata lugens Stall.)
thumbnail Title : Biologi Wereng Batang Coklat
Posted by : Budianto SPd
Published : 2018-02-18T20:19:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 20.19