DIVISI PTERIDOPHYTA (Tumbuhan Paku)


DIVISI PTERIDOPHYTA (Tumbuhan Paku) - Tumbuhan paku dipisahkan dari devisi sebelumnya karena kelompok tumbuhan ini sudah dapat dibedakan antara akar, batang dan daun atau sudah tergolong tumbuhan kormus. Selain itu kelompok tumbuhan ini telah memiliki jaringan pembuluh. Namun belum bisa dikelompokkan kedalam kelompok tumbuhan tinggi seperti kelompokSpermatophyta karena tumbuhan paku belum menghasilkan biji. Alat perkembang biakan tumbuhan paku masih menggunakan spora.

Tumbuhan Paku


Komunitas tumbuhan paku sangat bervariasi baik ditinjau dari segi habitus, maupun cara hidupnya. Habitusnya mulai dari yang sangat pendek dan sederhana sampai ke bentuk yang seperti pohon.

Tumbuhan paku dari genus Cyathea dapat mencapai tinggi sekitar 7 m. Secara morfologi, untuk menandai suatu tumbuhan apakah termasuk tumbuhan paku dapat dilihat dengan adanya pertumbuhan pucuk yang melingkar/menggulung ataukah adanya bintikbintik yang kadang-kadang tumbuh teratur dalam barisan, bergerombol ataukah tersebar pada permukaan bawah pada daun.
thumbnail Title : DIVISI PTERIDOPHYTA (Tumbuhan Paku)
Posted by : Budi OryzaSativa
Published : 2018-02-08T23:08:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 23.08