Ternyata Inilah Asal Mula Kehidupan


Ternyata Inilah Asal Mula Kehidupan - Pertanyaan “ apakah hidup ” dan “ dari manakah asal kehidupan “ merupakan masalah dari abad ke abad. Aristoteles (384-322 SM) berpendapat bahwa bahwa makhluk hidup itu terjadi begitu saja. Pendapat ini dikenal sebagai teori abiogenesis atau teori generatio spontanea

Ternyata Inilah Asal Mula Kehidupan


Beberapa ahli telah melakukan berbagai usaha untuk melakukan penelitian terhadap pandangan generatio spontanae, diantaranya Francesco Redi, Lazzaro Spanllanzani (keduanya berkebangsaan Italia) dan Louis Pasteur (berkebangsaan perancic).

Setelah Louis Pasteur memperbaiki percobaan L. Spanllanzani, dengan menggunakan tabung kaca yang berleher angsa, maka gagallah semua usaha mempertahankan pandangan generatio spontanae dan teori abiogenesis. Muncullah teori biogenesis yang berpandangan bahwa makhluk hidup berasal dari makhluk hidupn sebelumnya. Masalah yang masih dipersoalkan adalah masalah tentang asal mula kehidupan yang pertama kali ada di bumi. Mengenai masalah ini sampai sekarang masih menjadi pemikiran para ahli.

Sebagian ahli berpendapat bahwa kehidupan yang mula-mula timbul di bumi adalah akibat reaksi-reaksi kimia antara molekul-molekul yang berlimpa terdapat di dalam lautan yang ada pada suatu waktu suhunya cukup tinggi. Teori evolusi kimia ini didukung oleh beberapa ilmuan, diantaranya A.I. Oparin (Rusia), J.B.S. Haldane (Inggeris), Harold Urey (Amerika), dan Stanley Miller (Amerika).

Pada mulanya unsur-unsur sederhana seperti hidrogen (H), carbon (C), nitrogen (N), dan oksigen (O) di atmosfer membentuk gas H2, H2O, CH4, HCN, NH3, dan sebagainya. Adanya panas dari berbagai sumbeer energi senyawasenyawa sederhana ini saling bereaksi membentuk molekul-molekul yang lebih kompleks. Suatu keadaan terbentuk senyawa organik. Hasil reaksi ini makin lama-makin banyak dan terkumpul di lautan sehingga terbentuknya campuran berbagai senyawa, oleh Haldane disebutnya semacam sup yang kaya materi-materi, dalam larutan yang masih panas. Bahan sup inilah yang merupakan bahan pembetuk protoplasma, yang selanjutnya membentuk sel awal.

Tahun 1935 Stanley Miller di Universitas Chicago melakukan percobaan untuk menguji hipotesis evolusi kimiawi tersebut dengan bahan gas hidrogen, metan dan gas ammonia yang dimasukkan ke dalam alat percobaan, yang diberi percikan api dari arus listrik. Analisis terhadap hasil reaksi yang terjadi, ditemukan campuran dari 15 macam asam amino, asam lemak dan molekul organik sederhanalannya.

Tahun 1951 Melvin Kalvin di Universitas California membuat pula percobaan dengan menyinari campuran karbondioksida dan air dengan sinar gamma. Pada percobaan itu ditemukannya asam format (asam metan) dan formaldehid.

Perdebatan mengenail asal mula kehidupan sangat banyak. Simulasi yang dilakukan di laboratorium tidak dapat membuktikan bahwa jenis evolusi kimia mencipatkana kehidupan pada bumi primitif, akan tetapi simulasi dapat membuktikan sejumlah tahapan kunci yang mungkin telah terjadi. 

Asal mula kehidupan tetap merupakan spekulasi ilmiah dan ada beberapa pendapat alternatif mengenai beberap proses kunci terjadi. Para penelitia terus berdebat mengenai cara dan tempat kehidupan berasal. Tiga pandangan alternatif menggali sintesis abiotik molekul orgnaik pada bumi versus melalui meteorit, gen RNA versus molekul yang lebih sederhana yang bereplikasi sendiri, dan asal mula kehidupan dalam suatu air dangkal versus lubang di laut dalam.
thumbnail Title : Ternyata Inilah Asal Mula Kehidupan
Posted by : Budi OryzaSativa
Published : 2018-03-03T09:01:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 09.01