Perbedaan Tumbuhan Xerofit dengan Tumbuhan Hidrofit


1) Tumbuhan xerofit
Tumbuhan xerofit merupakan tumbuhan yang hidup di tempat yang kurang air (kering) misalnya, tanaman kaktus. Tumbuhan ini memiliki jaringan penyimpan air di dalam batangnya yang tebal dan berselaput zat semacam lilin. Daunnya sempit dan jumlahnya sedikit bahkan berubah bentuk menjadi duri, juga terda-pat lapisan kutikula yang tebal serta memiliki sedikit stomata yang letaknya tersembunyi. Bentuk daun yang demikian akan mengurangi penguapan (pengeluaran) air.

Xerofit


Sistem perakaran lebat dan panjang sehingga tersebar sangat luas di dalam tanah. Hal ini berguna untuk mendapatkan air yang cukup. Bentuk tubuh (batang, daun, dan akar) pada tanaman kaktus sesuai dengan tempat
hidupnya.

2) Tumbuhan Hidrofit
Tumbuhan hidrofit adalah tumbuhan yang hidup di air, misalnya enceng gondok (Euchornia crasipes), paku air (Azolla pinata) dan teratai. Tumbuhan ini memiliki tangkai daun yang menggembung membentuk rongga-rongga udara yang berisi udara sehingga dapat mengapung. 

Hidrofit


Tumbuhan yang hidup di air umumnya mempunyai lapisan kutikula yang tipis dan mudah ditembus air. Melalui permukaan tubuh yang tipis inilah tumbuhan dapat mengambil air dan zat-zat hara melalui seluruh permukaan tubuhnya. Tumbuhan yang sebagian tubuhnya berada di dalam air dan sebagian di atas air memiliki sistem perakaran serabut sebagai alat melekat dan sistem jaringan pengangkut pada tumbuhan air tidak berkembang dengan baik. Stomata terletak di permukaan daun sebelah atas serta memiliki jumlah daun yang banyak, lebar dan tipis.
thumbnail Title : Perbedaan Tumbuhan Xerofit dengan Tumbuhan Hidrofit
Posted by : Budianto SPd
Published : 2018-04-02T22:43:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 22.43