Apa itu Bakteriofag?


Apa itu Bakteriofag? - Sudah pernah dengan bakteriofag tidak? mungkin bagi anak-anak biologi dan pernah belajar Biologi, sudah mengerti apa itu bakteriofag. Tapi bagi yang belum pernah dengar, mungkin itu hal yang asing baginya. 

Bakteriofag ini dikenal sebagai virus yang menyerang bakteri. Bakteriofag berasal dari dua kata (Latin: bacteria dan Yunani: φαγεῖν phagein "dimakan"). Bacteriofag ditemukan oleh Twort (1916) dan d'herlle (1917). Perbedaan dengan virus ialah bahwa virus hidup dan berkembang biak dalam organisme yang multiseluler, sedangkan bakteriofag hidup dan berkembang biak dalam organisme yang uniseluler.

Struktur bakteriofag


Selain menginfeksi bakteri, bakteriofag juga menginfeksi prokariota mikroskopis lainnya dikenal sebagai archaea. Infeksi ini khusus untuk spesies tertentu dari bakteri atau archaea. Sebuah fag yang menginfeksi E. coli misalnya, tidak akan menginfeksi bakteri anthrax. Sejak bakteriofag tidak menginfeksi sel-sel manusia, mereka telah digunakan dalam terapi medis untuk mengobati penyakit bakteri. 

Virus ini biasanya menyebabkan inang mereka untuk meninggal akibat infeksi, yang membuat bakteriofag menarik bagi komunitas medis dan ilmuwan yang menggeluti bakteri. Dalam industri di mana bakteri yang dimanfaatkan untuk melakukan tugas-tugas seperti fermentasi makanan atau produksi bahan kimia yang berguna, kontaminasi dengan bakteriofag adalah sumber utama yang menjadi perhatian, karena virus dapat membawa proses untuk berhenti lengkap. Virus ini dapat mengandung DNA atau RNA, bersama dengan protein yang bisa cocok dengan reseptor spesifik pada target bakteri. Karena reseptor mereka disesuaikan untuk menyesuaikan dengan protein tertentu, bakteriofag umumnya hanya menginfeksi bakteri terkait erat, meninggalkan yang lain sendirian karena mereka tidak memiliki kemampuan untuk menginfeksi mereka. Ketika bakteriofag menemukan bakteri dengan protein yang cocok dengan reseptor, ia dapat menyisipkan DNA atau RNA menjadi bakteri dan mengarahkan organisme untuk mulai memproduksi replika virus.

Bakteriofag adalah virus yang paling melimpah di laut. Fag dikenal sebagai Pelagiphages menginfeksi dan menghancurkan bakteri SAR11. Bakteri ini mengkonversi terlarut molekul karbon menjadi karbon dioksida dan mempengaruhi jumlah yang tersedia karbon atmosfer. Pelagiphages memainkan peran penting dalam siklus karbon dengan menghancurkan bakteri SAR11, yang berkembang biak pada tingkat tinggi dan sangat baik beradaptasi untuk menghindari infeksi. Pelagiphages tetap nomor bakteri SAR11 di cek, memastikan bahwa tidak ada hal meluap-luap produksi karbon dioksida global.

(Dari berbagai sumber)


thumbnail Title : Apa itu Bakteriofag?
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2019-03-01T18:24:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 18.24